PERKEMBANGAN E-RETAIL di
INDONESIA
Nama : Ketut Yunita Widyandari
NIM : 15110111039
Progdi :
Manajemen Perhotelan
Kelas : Ekstensi - MP.D/6
Soal:
1. Ceritakan
perkembangan E-retail di Indonesia
Retail, merupakan jenis ecommerce
yang dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah
diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Retailing adalah
suatu perantara penjualan, seorang penjual yang beroperasi antar pelanggan dan
pabrikanOleh karena itu, kegiatan jual-beli
di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak
terlalu banyak, atau hanya focus ke satu-dua kategori produk. Contoh retail:
Berrybenzka, Zalora, dan Lazada.
E-Retail
termasuk kedalam E-Commerce. E-retail sendiri memiliki arti Elektronik
Retailing yang artinya kegiatan retailing yang terjadi secara online melalui
internet.
E-Retailing adalah kegiatan retail yang dilakukan secara
online melalui internet. Setiap perusahaan berusaha untuk selalu mendapatkan
informasi yang mendukung kegiatan perusahaan agar dapat berkembang dan bersaing
dalam menghadapi pihak yang ditujukan untuk memberi pelayanan terbaik melalui
situs web secara online.
Perkembangan
bisnis e-commerce di Indonesia melesat dalam lima tahun terakhir. Hasil
riset yang diprakarsai oleh Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Google
Indonesia, dan TNS (Taylor Nelson Sofres) memperlihatkan bahwa tahun 2013 nilai
pasar e-commerce Indonesia mencapai US$8 miliar (Rp 94,5 triliun) dan di tahun
2016 diprediksi naik tiga kali lipat menjadi US$25 miliar (Rp 295 triliun). Potensi
ini dibarengi dengan jumlah pengguna internet yang mencapai angka 82 juta orang
atau sekitar 30 persen dari total penduduk di Indonesia.
"Ini
membuat pasar e-commerce menjadi tambang emas yang sangat menggoda bagi
sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya. Apalagi, menjelang
pelaksanaan pasar bebas Asean (MEA) di akhir 2015, banyak pengamat yang
memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi market yang potensial bagi negara lain
untuk menjual barangnya," ujar Fajrin Rasyid, Co-Founder & CFO
Bukalapak.com, di Jakarta (27/4). Bukalapak merupakan marketplace (C2C) yang
melibatkan pelapak dan pembeli secara langsung. Masing-masing media tersebut
memiliki keunggulan dan kelemahannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar