“Perbedaan
Antara
E-commerce
dan E-business”
Nama : Ketut Yunita Widyandari
NIM : 15110111039
Progdi :
Manajemen Perhotelan
Kelas : Ekstensi - MP.D/6
Soal :
1. Jelaskan perbedaan antara E-commerce dan E-business
Banyak orang tahu tentang
istilah e-commerce, namun hanya sedikit yang mengetahui bahwa ada
perbedaan yang signifikan antara e-commerce dan e-business.
Istilah e-commerce lebih dikenal daripada istilah e-business
padahal keduanya tidaklah sama, namun kedua istilah ini tampaknya dikerucutkan
menjadi satu istilah saja yaitu e-commerce mencakup juga sebagai e-business.
Sebelumnya, perlu diketahui dan dipahami juga arti dari kedua istilah tersebut
supaya pada pembahasan e-commerce yang lebih khusus kedua istilah ini
tidak diperdebatkan lebih jauh.
Istilah
e-business dan e-commerce seringkali terlihat dan
digunakan untuk proses yang sama. Namun demikian, meskipun berhubungan,
keduanya memiliki arti yang berbeda. Awalan “e” berarti “elektronik”, yang berarti kegiatan atau transaksi yang
digunakan tanpa pertukaran atau kontak fisik. Transaksi diadakan secara
elektronik atau digital, sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya
perkembangan komunikasi digital.
E-Commerce
E-commerce merupakan
kepanjangan dari Electronic Commerce yang berarti perdagangan yang
dilakukan secara elektronik. Seperti halnya e-mail (Electronic
Mail) yang artinya sudah diketahui yaitu pengiriman surat secara
elektronik. Dalam buku Introduction to Information Technology, e-commerce
berarti perdagangan elektronik yang mencakup proses pembelian, penjualan,
transfer, atau pertukaran produk, layanan, atau informasi melalui jaringan
computer, termasuk Internet
Apabila dipilah e-commerce terdiri
dari huruf e yang berarti elektronik dan commerce yang
berarti perdagangan. Pada perdagangan konvensional dikenal adanya penjual dan
pembeli, lalu perdagangan sesungguhnya ada barang atau jasa yang dijual dan
tentu ada pembelinya. Kata ‘perdagangan’ itu sendiri berdiri dengan arti
sekedar tawar menawar antara penjual dan pembeli, lalu apabila keduanya sepakat
maka barulah dilakukan transaksi. Perdagangan yang seperti ini terjadi hanya
‘sesaat’ dan tidak ada relasi yang berarti antara penjual dan pembeli, dalam
hal ini perdagangan hanyalah sekedar kegiatan menjual dan membeli.
E-Business
Ketika orang mengatakan “saya
ada bisnis orang itu,” tentu saja banyak orang berpikir bahwa kegiatan yang
akan dilakukan adalah kegiatan yang merupakan transaksi dan berisi tentang
penjualan dan pembelian barang, padahal kegiatan yang akan dilakukan belum
tentu seperti yang orang pikirkan. Kegiatan berbisnis bukan hanya kegiatan demi
mencari keuntungan berupa uang tetapi juga keuntungan yang bersifat abstrak
seperti reputasi, kemitraan, dan kepercayaan dalam bertransaksi.
E-business memiliki
karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business
memiliki scope yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar
pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekedar untuk berkenalan
dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan
media Internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya. Menurut Turban, e-business
atau bisnis elektronik merujuk pada definisi e-commerce yang
lebih luas, tidak hanya pembelian dan penjualan barang serta jasa, tetapi juga
pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan
transaksi elektronik dalam perusahaan
Ø Perbedaan E-Commerce dan E-business
Kedua istilah e-commerce dan
e-business apabila tidak dipahami terlebih dahulu akan membuat
pembahasan tentang e-commerce itu sendiri menjadi berputar-putar dan
tidak sistematis. Hal ini disebabkan karena kebingungan menentukan istilah yang
paling cocok untuk mewakili konsep perdagangan dengan sarana elektronik.
Perbedaan yang mendasar antara e-commerce
dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce memang
benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang),
sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang
sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen,
peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial
lainnya.
Selain perbedaan seperti yang
telah disebutkan e-commerce dan e-business juga memiliki
kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih
besar dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan
terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing
dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar